Sabtu, 19 Mei 2012

Fokus pada Kemampuan dan Peluang

Fokus pada Kemampuan dan Peluang 

Fokuskan pikiran Anda sebanyak 70% pd KEKUATAN, 25% pd PELUANG dan hanya 5% pada kelemahan kita, bukan sebaliknya.

Fokus merupakan salah satu kunci keberhasilan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan; tentu saja fokus kita harus tertuju pada tujuan yang akan kita capai sehingga kita akan menggunakan seluruh sumber daya dan kemampuan kita untuk meraihnya.

Dalam analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) ada empat faktor yang perlu diperhatikan yaitu dua faktor eksternal yaitu opportunity (peluang) dan threat (ancaman), serta dua faktor internal, yaitu strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Keempat faktor tersebut perlu kita analisis, tetapi tentu saja janganlah terlalu memperhatikan hal-hal yang negatif, seperti ancaman dan kelemahan. Fokus utama kita adalah pada kekuatan yang kita miliki dan peluang yang ada di hadapan kita.

Artinya dalam hal ini, hendaknya kita berpikir untuk memanfaatkan kekuatan agar kita dapat meraih peluang yang ada; 95% fokus kita haruslah berada pada hal ini. Sedangkan sisanya barulah kita memikirkan bagaimana mengatasi kelemahan dan menghindari ancama yang ada di hadapan kita. Dengan perkenaan Tuhan dan fokus yang tepat, maka kiranya kita dapat mewujudkan seluruh keinganan dan tujuan hidup kita. Amin …

0 komentar:

Posting Komentar