Sabtu, 28 Januari 2012

Tips Mencegah Terjebak Phising di Internet

Tips Mencegah Terjebak Phising di Internet

oleh Dell Lovers Indonesia pada 11 November 2011 jam 13:33
Semakin pintar dan canggih keamanan suatu situs, semakin canggih pula para oknum yang bertujuan baik maupun bertujuan buruk untuk mengambil atau mencuri informasi misal username dan password seseorang yang memang pada kenyataannya para oknum tersebut kebanyakan bertujuan buruk.

Oleh karena itu lebih bijaksanalah bagi para pengguna internet baik di facebook, email, twitter, dll. untuk selalu waspada. Sebelum admin terangkan cara pencegahannya, pertama saya akan menjelaskan pengertian dari phishing dan url.

Phising : adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik (Email) atau pesan instan (YM). Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Url / Link : URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, fungsi URL di internet sama halnya dengan fungsi alamat rumah di dunia nyata. misal www.google.com www.facebook.com dan lain sebagainya. (Wikipedia)

Berikut Tips Untuk Mencegah Terjebak Phishing :
1. Jangan mengklik url atau Gambar yang berisi link pada akun email.
Para oknum yang tidak bertanggung jawab sering menggunakan email sebagai sarana untuk menjebak dan membajak akun anda.
Seringkali anda mendapatkan email yang berisi link misal :
"click here" dan lain sebagainya.
2. Perhatikan alamat situs yang kita kunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar